SMAN 8 PONTIANAK

SMAN 8 PONTIANAK

SEKOLAH HEBAT

Visi

VISI DAN MISI SMA NEGERI 8 PONTIANAK

 

Visi dan Misi sekolah merupakan arah dan panduan bagi setiap individu maupun aspek kegiatan di sekolah. Seluruh individu baik siswa, guru, staf maupun karyawan harus memahami dan menjiwai visi misi sekolah agar dapat berjalan beriringan untuk dapat mencapai satu tujuan yang sama. Melalui visi dan misi yang diterjemahkan ke dalam setiap aspek kegiatan, sekolah akan mampu menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu berperan aktif dalam perkembangan dunia

  1. VISI SEKOLAH

         Visi SMA Negeri 8 Pontianak adalah :

 

“BERPRESTASI, BERKARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN”

 

       Ada tiga poin utama dalam visi sekolah, yaitu

Poin utama

Deskripsi

  1. Berprestasi

(Bidang Akademik dan non Akademik)

Sekolah bukan hanya sekedar mengajarkan materi dalam  kurikulum saja, tetapi sekolah memperlengkapi generasi  dengan kecakapan abad 21 (karakter, literasi dan kompetensi 4C) yang dibutuhkan siswa untuk dapat mengembangkan diri secara mandiri di masa mendatang, pembelajar sepanjang hayat, dan memiliki nilai nilai sikap dan karakter

 

  1. Berkarakter Profil Pelajar Pancasila

Visi SMA Negeri 8 Pontianak berjalan beriringan dengan  pendidikan karakter dan Profil Pelajar Pancasila yang mempunyai karakteristik:

      • Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
      • Berkebinekaan global
      • Bergotong royong
      • Kreatif
      • Bernalar kritis
      • Mandiri

 

Visi sekolah yang sejalan dengan pendidikan karakter dan Profil Pelajar Pancasila akan menghasilkan lulusan dengan identitas kebangsaan Indonesia dan kemampuan akademis yang baik, serta memiliki keimanan dan ketaqwaan

 

3. Berwawasan Lingkungan

Sekolah sebagai agen perubahan senantiasa membangun dan membentuk insan insan yang berkarakter sesuai nilai nilai Pancasila , berwawasan dan peduli terhadap lingkungan

 

 

 

 

Ketiga poin utama dari visi sekolah memberikan panduan arah semua kegiatan baik akademis maupun non-akademis

Misi

MISI SEKOLAH

Misi adalah bagaimana strategi yang diterapkan sekolah untuk dapat mencapai visi sekolah. Adapun misi SMA Negeri 8 Pontianak adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Menyediakan pendidikan berkualitas dengan menghadirkan pembelajaran yang inovatif, dan menginspirasi, ​​​​​​​

2.Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik​​​​​​​

3.Meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik, baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi), maupun non-kognitif (karakter) untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila​​​​​​​

4.Melaksanakan Pengembangan dan pembentukan karakter siswa secara holistik : Melalui pembelajaran intrakurikuler, pembelajaran ko-kurikuler berupa Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dan ekstra kurikuler​​​​​​​5. Kolaborasi dengan Stakeholder: Membangun kemitraan yang kuat dengan orang tua, masyarakat, dan pihak-pihak terkait untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan inklusif.​​​​​​​

6.Lingkungan Belajar Aman dan Positif: Menyediakan iklim lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan sikap positif terhadap keberagaman, di mana setiap siswa merasa didukung dan dihargai.​​​​​​​

7.Penggunaan Teknologi Pendidikan: Memanfaatkan teknologi pendidikan terkini untuk meningkatkan efisiensi pembelajaran dan memberikan akses pendidikan yang lebih luas.​​​​​​​

8.Peningkatan Profesionalisme Guru: Memberdayakan dan mendukung pengembangan profesional guru secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembimbingan.​​​​​​​

9.Kepemimpinan yang mampu memimpin warga sekolah untuk memberikan layanan yang sesuai dengan visi misi dan kebutuhan belajar murid, serta terus berupaya meningkatkan kualitas layanan​​​​​​​

10.Evaluasi Sistematis: Melakukan evaluasi secara berkala untuk mengukur efektivitas program pendidikan, memperbaiki kelemahan, dan meningkatkan keunggulan sekolah.​​​​​​​

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Visi SMA Negeri 8 Pontianak sejalan dengan pendidikan karakter dan Profil Pelajar Pancasila. Oleh karena itu dalam pelaksanaan misinya, pendidikan karakter dan Profil Pelajar Pancasila dilakukan dengan cara berikut ini:

 

Profil Pelajar Pancasila

Deskripsi

Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

  1. Dilaksanakan pada kegiatan Pembelajaran Kokurikuler berupa Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  2. Dilaksanakan terintegrasi pada pembelajaran intra kurikuler
  3. Dilaksanakan pada kegiatan ekstra kurikuler/pengembangan diri peserta didik
  4. Dilaksanakan kegiatan Budaya sekolah dan Pembiasaan spiritual keagamaan dalam bentuk :
  • Pembacaan Asmaul Husna (15 menit sebelum jam pertama)
  • Selalu berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
  • Kerohanian berbasis keagamaan (Rohis dan Rokris) setiap 1 minggu sekali
  • Pelaksanaan Ibadah di sekolah
  • Pembimbingan setiap siswa bermasalah melalui pendekatan  keagamaan

 

Kebinekaan global

  1. Dilaksanakan pada kegiatan Pembelajaran Kokurikuler berupa Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  2. Dilaksanakan terintegrasi pada pembelajaran intra kurikuler
  3. Dilaksanakan pada kegiatan ekstra kurikuler/pengembangan diri peserta didik
  4. Dilaksanakan kegiatan Budaya sekolah dan Pembiasaan di sekolah yang tidak bertentangan dengan budaya luhur dan identitas bangsa Indonesia. Siswa dididik untuk menghargai budaya lain dengan tetap memegang teguh budaya luhur bangsa Indonesia.

 


Bergotong royong

  1. Dilaksanakan pada kegiatan Pembelajaran Kokurikuler berupa Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  2. Dilaksanakan terintegrasi pada pembelajaran intra kurikuler
  3. Dilaksanakan pada kegiatan ekstra kurikuler/pengembangan diri peserta didik
  4. Dilaksanakan dalam kegiatan Budaya sekolah dan Pembiasaan
  5. Pembelajaran kolaborasi  yang   dilaksanakan  melalui    berbagai kegiatan kelompok.
  6. Kegiatan sosial yang bertujuan untuk memupuk jiwa   kepedulian dan berbagi di kalangan siswa

Kreatif

  1. Dilaksanakan pada kegiatan Pembelajaran Kokurikuler berupa Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  2. Dilaksanakan terintegrasi pada pembelajaran intra kurikuler
  3. Dilaksanakan pada kegiatan ekstra kurikuler/pengembangan diri peserta didik
  4. Dilaksanakan dalam kegiatan Budaya sekolah dan Pembiasaan
  5. Proses pembelajaran dilakukan untuk mengasah kreatifitas siswa agar dapat menghasilkan sesuatu yang orisinal dan bermanfaat bagi masyarakat

Bernalar kritis

  1. Dilaksanakan pada kegiatan Pembelajaran Kokurikuler berupa Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  2. Dilaksanakan terintegrasi pada pembelajaran intra kurikuler
  3. Dilaksanakan pada kegiatan ekstra kurikuler/pengembangan diri peserta didik
  4. Dilaksanakan dalam kegiatan Budaya sekolah dan Pembiasaan
  5. Setiap proses pembelajaran mengarah kepada Higher Order Thinking Skill dimana siswa dituntut untuk dapat melakukan analisa    dalam pengambilan keputusan.

Mandiri

  1. Dilaksanakan pada kegiatan Pembelajaran Kokurikuler berupa Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  2. Dilaksanakan terintegrasi pada pembelajaran intra kurikuler
  3. Dilaksanakan pada kegiatan ekstra kurikuler/pengembangan diri peserta didik
  4. Dilaksanakan dalam kegiatan Budaya sekolah dan Pembiasaan
  5. Dengan sistem pembelajaran student-centered, siswa dituntut untuk mandiri karena siswa merupakan subjek dari proses pembelajaran sehingga dapat menumbuhkan tanggung jawab siswa terhadap kelangsungan dan keberhasilan proses pembelajaran