SMAN 8 PONTIANAK

SMAN 8 PONTIANAK

SEKOLAH HEBAT

Tujuan SMAN 8 Pontianak

Berdasarkan pemahaman akan visi, dan misi sekolah, maka semua kegiatan sekolah untuk tahun pelajaran 2022-2023 harus mengarah kepada pengembangan kemampuan siswa untuk dapat menjadi pembelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi, berwawasan lingkungan dan menjadi insan yang berberiman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta memiliki nilai-nilai profil pelajar pancasila. Untuk dapat mencapai ini, SMA Negeri 8 Pontianak  menerapkan strategi kegiatan baik untuk siswa maupun untuk guru.

Tujuan sekolah termuat dalam perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang. Strategi sekolah untuk mengembangkan kemampuan siswa untuk dapat menjadi pembelajar sepanjang hayat, berwawasan lingkungan dan menjadi insan yang berberiman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. dilakukan melalui perencanaan sebagai berikut:

 

Tujuan jangka  panjang

  1. Menghasilkan lulusan Pembelajar sepanjang hayat yang beriman dan bertaqwa berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya, dan tenggang rasa sesuai dengan profil pelajar pancasila
  2. Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, kreatif, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca tulis,  literasi numerasi, literasi sain, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan, dan literasi finansial)
  4. Menghasilkan lulusan yang  dan berwawasan lingkungan

Tujuan jangka menengah

  1. Semua siswa memahami dan menerapkan karakteristik Profil Pelajar Pancasila dalam kesehariannya
  2. Meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang penelitian sebagai bentuk pengembangan dari pendekatan project- based learning dan higher order thinking skills (HOTS)
  3. Membentuk peserta didik yang unggul dalam karakter :
  1. Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  2. Kejujuran
  3. Kemandirian dalam belajar dan berorganisasi
  4. Bernalar kritis
  5. Kreatif
  6. Sosial
  7. Peduli Lingkungan
  8. Budaya Berprestasi (Akademik dan Non Akademik)
  9. Cinta Tanah Air dan Berbangsa
  1. Meningkatkan mutu lulusan dibuktikan dengan peserta didik dapat :
  1. Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi
  2. Menghasilkan karya literasi
  1. Meningkatkan manajemen         perencanaan, pelaksanaan          dan     evaluasi pembelajaran.
  2. Memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana pengembangan pendidikan
  3. Mengembangkan kecakapan interpersonal dan intrapersonal seluruh warga  sekolah.
  4. Meningkatkan peran serta peserta didik di berbagai lomba di bidang intrakurikuler/akademik dan ekstrakurikuler baik tingkat kota, propinsi, dan nasional
  5. Meningkatkan pengelolaan manejemen sekolah
  6. Mengembangkan Kemitraan dengan lembaga-lembaga Perguruan Tinggi maupun Dunia Usaha dan Industri (DUDI)
  7. Mengembangkan pembelajaran yang kolaboratif antar mata pelajaran.

Tujuan jangka pendek  

(1 tahun)

  1. Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila ke dalam kegiatan pembelajaran dan semua kegiatan lain di sekolah
  2. Meningkatkan mutu Pembelajaran paradigma baru
  3. Meningkatkan budaya literasi

.

    Strategi sekolah untuk mencapai tujuan,

  1. Membentuk Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS)
  2. Membentuk Tim Pengembang Kurikulum (TPK)
  3. Membentuk Tim Fasilitasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  4. Membentuk Tim Akreditasi Sekolah
  5. Membentuk Tim Pencegahan Perundungan
  6. Melakukan refleksi dan evaluasi terhadap program program dan kegiatan sekolah
  7. Melakukan Analisis kontek terhadap kondisi dan lingkungan sekolah
  8. Menyusun Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) dengan melibatkan seluruh unsur stakeholder
  9. Melakukan analisis kebutuhan program sekolah
  10. Menyusun RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah)
  11. Menyusun rencana serta instrumen evaluasi pendampingan dan pengembangan bagi guru, tenaga kependidikan, peserta didik, orang tua peserta didik, dan komite sekolah.
  12. Melaksanakan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan
  13. Melakukan evaluasi dan perbaikan kurikulum operasional sekolah pada akhir semester
  14. Pembimbingan mengenai pengintegrasian Profil Pelajar Pancasila ke dalam seluruh aspek kegiatan sekolah
  15. Mengelola dan melaksanakan Kokurikuler (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
  16. Meningkatkan kemampuan mengajar guru melalui pelatihan internal maupun pelatihan dari luar sekolah
  17. Pelatihan guru dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran interaktif berbasis teknologi

Proses pengembangan kemampuan belajar mandiri untuk nantinya di masa mendatang   menjadi pembelajar sepanjang hayat dilaksanakan melalui kegiatan berikut:

 

Bentuk kegiatan

Uraian kegiatan

Project based learning

Kegiatan pembelajaran dengan siswa sebagai subyek dalam  perencanaan dan pelaksanaan project

Organisasi (kolaborasi)

Organisasi kesiswaan (OSIS) dan pelatihan kepemimpinan



Camp pengembangan diri

Kegiatan agar siswa memahami karakter, kemampuan dan potensi diri sekaligus dengan bagaimana cara mengembangkannya

Mentoring

Pembimbingan intensif per individu atau kelompok kecil yang dilakukan oleh guru yang ditunjuk

 

 

Kompetensi/karakteristik lulusan yang akan dihasilkan SMA Negeri 8 Pontianak adalah sebagai berikut:

 

Pembelajar sepanjang hayat

Deskripsi

Menjadi Insan yang memiliki kompetensi dan pembelajar sepanjang hayat

serta terbentuk “Growth Mindset” pada diri siswa

Belajar secara mandiri agar mampu mengikuti perkembangan dan selalu membangun kompetensi/ pengetahuannya untuk lebih baik

Memiliki Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta beraklak dan berbudi luhur

Peduli terhadap lingkungan serta memiliki keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui kegiatan spiritual/ kerohanian/keagamaan, serta kegiatan sosial kemasyarakatan

Kemampuan berkomunikasi

Mendengar untuk belajar dari orang lain dan berani menyampaikan pendapatnya

Kemampuan untuk bekerja sama

Tidak mengutamakan kepentingan pribadi, tapi mengutamakan kemajuan bersama

Kemampuan untuk berpikir kritis

Mampu melihat dari berbagai sudut pandang dan mampu menganalisa dengan bijak

Kemampuan untuk berpikir kreatif

Mampu menemukan hal-hal baru yang dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ada

Memiliki wawasan global

Mampu melihat segala sesuatu tidak hanya dari lingkup nasional tetapi juga dari lingkup internasional