MAJUKAN BAHASA INGGRIS DI KOTAMU
Nama:Siti Fatimah
Kelas:XG
SMAN 8 PONTIANAK BARAT
Tema: majukan bahasa Inggris di kotamu.
BAHASA INGGRIS DI INDONESIA SEMAKIN MEMPRIHATINKAN
DAN PENURUNAN INDEKS BAHASA INGGRIS
Dilansir dari m.wartaekonomi.co.id, kecakapan bahasa Inggris Indonesia , ternyata masih rendah. Berdasarkan EF English (Proficiency Index), kecakapan Bahasa Inggris Indonesia berada di peringkat ke-74 dari 100 negara. Pada tahun 2016 Bahasa Inggris Indonesia berada di peringkat ke-8 di Asia dengan skor 52,94.
Gambar 1.1 peringkat bahasa Inggris Indonesia di Asia.
Sumber: ef.cod.id.
Walaupun peringkat pendidikan negara India lebih rendah daripada negara Indonesia akan tetapi kecakapan bahasa Inggris India lebih tinggi dari Indonesia.
Gambar 1.2 keterampilan bahasa Inggris berdasarkan daerah dan kota.
Sumber: kabar24 - bisnis. com
Dilansir dari mix.co.id, lima kota di Indonesia dengan index bahasa Inggris tinggi,tingkat Bahasa Inggris di Bali tercatat pernah menduduki peringkat paling tinggi,dengan skor (54,46). Selanjutnya diikuti oleh Jakarta dengan skor (54,26), Yogyakarta (53, 21), Jawa timur (53,02), dan Jawa barat (51,97). Dapat disimpulkan bahwa kota-kota besar dengan tingkat pariwisata yang tinggi memiliki skors kecakapan bahasa Inggris yang lebih tinggi. Mengapa demikian, karena tempat wisata banyak dikunjungi oleh turis dari berbagai dunia yang pastinya mereka akan menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Lihatlah yang yang masuk dalam indeks hanya Kalimantan timur, sedangkan kota kita Kalimantan barat tidak termasuk. Hal ini menyatakan bahwa Kalimantan barat memiliki kecakapan bahasa Inggris yang sangat rendah.
Pada tahun 2019,secara mengejutkan Bandung sukses menyabet status sebagai kota dengan kemampuan bahasa Inggris terbaik menurut hasil tes EF SET,mengalahkan Surabaya yang berhasil menduduki peringkat satu pada tahun 2018 silam dengan skor yang sangat tipis.
Gambar 1.3 Peringkat EF SET berdasarkan kota di Indonesia (EF SET Report,2019)
Sumber: m. Kumparan.com.
Untuk hasil indeks kecakapan di setiap provinsi, D.I. Yogyakarta meraih gelar sebagai daerah dengan kemampuan bahasa Inggris terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia, memimpin dengan selisih skor nyaris 2 poin dari Jakarta raya.
Gambar 1.4 Peringkat EF EPI berdasarkan provinsi dan daerah istimewa di Indonesia (EF EPI Report,2019)
Sumber:m. kumparan.com.
Indeks bahasa Inggris di Indonesia mengalami penurunan dari tahun 2012,sedangkan pada tabel dibawah negara China/Tiongkok dan negara Vietnam dari tahun 2012 mengalami kenaikan indeks dan penurunan indeks yang signifikan dengan stabil, tidak seperti negara Indonesia yang terus menerus mengalami penurunan dengan drastis. Nah, sangat miris sekali bukan?
Gambar 1.5 Penurunan indeks bahasa Inggris di Indonesia.
Sumber:YouTube channel locania.
Setelah kita membahas indeks bahasa Inggris di Indonesia, pasti banyak yang bertanya-tanya mengapa kecakapan bahasa Inggris sangat penting untuk dibicarakan?.
menurut riset, kemampuan bahasa Inggris memiliki kaitan erat dengan kemajuan suatu negara. Negara yang memiliki kecakapan bahasa Inggris yang baik, biasanya memiliki hubungan diplomatik yang baik pula dengan negara lain serta secara langsung menggunakan mereka untuk melakukan riset dan penciptaan inovasi terbaru. kultur dalam suatu negara juga dapat berubah seiring dengan keterbukaan mereka terhadap informasi, yang didapatkan dengan inisiatif para warganya untuk mendapatkan sumber berita yang kredibel, pengetahuan yang tidak mengenal batas sehingga kecenderungan untuk membangkitkan topik-topik yang bersifat krusial.
Tidak berhenti sampai di sana, kaitan ini akan berpengaruh pada kondisi ekonomi dan jumlah pendapatan negara Indonesia. Menurut data Bank dunia pada tahun 2017, pendapatan perkapita memiliki kesinambungan dengan kemampuan bahasa Inggris suatu negara. Semakin baik kemampuan bahasa Inggrisnya, semakin tinggi pula pendapatan yang didapatkan.
Pendapatan perkapita di Indonesia berada di peringkat sangat rendah walaupun kemampuan bahasa Inggrisnya berada satu level di atasnya. hal ini menyiratkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam peningkatan kualitas bahasa Inggris sumber daya manusianya.
Mempelajari bahasa Inggris ini bukan lagi menjadi satu kewajiban untuk mendapatkan nilai yang bagus di sekolah,namun juga sebagai pertahanan dalam menghadapi arus globalisasi yang kian menantang.
Melihat dari hasil kecakapan rata-rata didapatkan oleh Indonesia,tampaknya sang ibu Pertiwi masih memiliki tantangannya sendiri untuk mampu bersaing dengan negara-negara lain di seluruh dunia.
Faktanya belajar bahasa Inggris sangat sukar jika belajar dari buku, belajar bahasa Inggris yang lebih efektif adalah dari teknologi. Bagian anda yang pecinta k-pop,anime, drakor, gamers, dan film-film Hollywood, pastinya memiliki minat tinggi untuk belajar bahasa Inggris. Karena bagi kpopers saat idol anda sedang live pastinya mereka akan menggunakan bahasa Korea, akan tetapi ada subtitle bahasa Inggrisnya disitulah rasa ingin belajar bahasa Inggris kita timbul. Begitu juga pecinta drakor dan anime, dalam game juga ada yang menggunakan bahasa Inggris. Berbeda dengan pecinta Hollywood,di dalam film Hollywood akan ada subtitle bahasa Indonesianya sedangkan anda akan mendengarkan bagaimana mereka melafalkan bahasa Inggris tersebut.
Dalam smartphone juga memiliki fitur-fitur aplikasi yang bisa membantu kita belajar bahasa Inggris. Selain dengan cara tersebut sebenarnya dapat berkaitan pula dengan semakin seringnya penggunaan bahasa bahasa Inggris tersebut dalam kehidupan sehari-hari,mempelajari suatu bahasa semakin sering kita bicarakan bahasa itu semakin fasih kita berbicara bahasa tersebut. Atau dapat juga belajar mandiri, walaupun sangat sukar belajarnya.
Sebenarnya, penghambat kemampuan bahasa Inggris di Indonesia berasal dari rasa takut. Rasa takut yang dimaksud adalah takut jika bahasa inggris yang diucapkannya salah, dan juga takut diejek. Seperti "sok sokan pakai bahasa Inggris,mana salah salah lagi pelafalan bahasa Inggrisnya". Tanpa kita sadari, perkataan itu dapat membuat diri seseorang tersebut mengalami penurunan semangat belajarnya,dan akan menghilangkan kepercayaan diri mereka dalam berbahasa Inggris.
Fitur aplikasi yang ada di Smartphone juga ada yang memberikan kursus bahasa Inggris gratis, kita hanya perlu memilahnya. Dalam memilih sumber pendidikan atau calon pengajar, patut diperhatikan cara mengajar yang paling efektif untuk perkembangan diri pada peserta didik. pengajar harus mempunyai kompetensi yang dibutuhkan, sehingga ilmu yang didapatkan dapat diterima dengan baik. Cara pengajaran pun harus disesuaikan dengan pola pembelajaran siswa siswi di Indonesia. dengan analisis dan perancangan kurikulum yang baik diharapkan hal ini dapat menimbulkan kecenderungan bagi generasi penerus bangsa untuk menyukai pelajaran bahasa Inggris. (Lingga)
EF juga membantu meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia. Setelah berdiri selama lebih dari 30 tahun di Indonesia, EF mengkhususkan dirinya untuk mengembangkan sistem dan metode pengajaran baru yang disesuaikan dengan pola pembelajaran siswa siswi di Indonesia. Dengan sistem efekta yang unik,sehingga siswa-siswi dapat mengulangi pembelajaran di rumah secara online dan membangun rasa kepercayaan diri mereka dalam berbahasa Inggris.
Ternyata teknologi tidak sepenuhnya merugikan, ternyata juga menguntungkan bagi kita. Contohnya teknologi juga sangat berperan dalam pengembangan bahasa Inggris,khususnya bagi para remaja yang selalu menggunakan teknologi seperti smartphone.
Mengapa bahasa Inggris sangat ditekankan bagi remaja?. karena temuan lain dari indeks tersebut adalah laporan, yang menyatakan seluruh orang yang berusia 26 sampai 30 tahun memiliki kecakapan bahasa Inggrisnya tinggi. Namun, orang dewasa yang berusia 40 tahun memperoleh nilai lebih baik dibandingkan orang berusia 18 tahun sampai 20 tahun. Dari data tersebut menegaskan bahwa universitas dan tempat kerja berperan dalam pengembangan kemampuan berbahasa Inggris.
Mungkin tidak semuanya pernah mengalami saat guru bahasa Inggrisnya masuk di kelas, memulai percakapan dengan bahasa Inggris. Kebanyakan murid tidak mengerti apa yang dibicarakan gurunya sehingga, guru yang mengajar biasanya menjelaskan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Hal tersebut membuktikan nilai bahasa Inggris bagi remaja.
Berbeda dengan orang dewasa yang sudah bekerja, di dalam pekerjaannya mereka dituntut untuk bisa berbahasa Inggris. Hal tersebut membuktikan mengapa apa nilai kecakapan bahasa Inggris orang yang sudah dewasa lebih tinggi dari remaja.
Nah setelah membaca uraian/artikel diatas, marilah tumbuhkan semangat belajar bahasa Inggris dari diri kita sendiri. Agar dapat mempersiapkan diri menghadapi arus global di kemudian hari. Buatlah kota kita termasuk dalam indeks bahasa Inggris yang tinggi. Semangat yuk, kita pasti bisa. Tidak ada yang tidak mungkin jika tidak, buatlah mungkin.
Saya generasi muda yang peduli literasi! Artikel ini ditulis sebagai bentuk serta EF Literacy Day Competition 2021:
0 Komentar
Tambahkan Komentar